0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Pemantapan Pelaksanaan Kegiatan Pasar Rakyat PKK Kabupaten Buleleng

Admin dispmd | 04 Agustus 2022 | 63 kali

Kabid LKDA&UEM Ibu Ni Ketut Ariattini mewakili Kadis PMD Kabupaten Buleleng menghadiri acara rapat koordinasi dalam rangka pelaksanaan kegiatan Pasar Rakyat PKK yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2022 nanti. Acara pemantapan persiapan ini dihadiri oleh OPD terkait, dan dilaksanakan di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja, Kamis (4/8).


Hadir pada acara ini Bapak Kadis LH, Sekdis Pertanian, Kabid DKPP, perwakilan Dinas Perindagkop, Dinas Kominfosanti, Dinas Perhubungan, Bagian Protokol, Bagian Umum Setda, Bank BPD Cabang Singaraja dan para penyedia kuliner.


Rapat dibuka oleh Ibu Plt Ketua TP PKK Kab. Buleleng Ny. Wardhany Sutjidra didampingi oleh Ibu Sekda, dan Ibu Sekretaris PKK Kab. Buleleng. Dalam arahannya beliau menyatakan bahwa Kabupaten Buleleng mendapatkan giliran melaksanakan acara Pasar Rakyat nantinya pada tanggal 10 Agustus bertempat di RTH Bung Karno, dan juga bertepatan dengan menyambut HUT RI ke-77, maka dari itu beliau memohon bantuan dan dukungan dari OPD terkait supaya Pasar Rakyat ini bisa terlaksana dengan lancar. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan berbelanja dan berbagi oleh TP PKK Provinsi, dan TP PKK Kab. se-Bali yang akan dibagikan kepada 100 orang peserta dari keluarga yang tergolong kurang mampu, tentunya yang akan dipamerkan dan dijual yakni hasil bumi dan hasil olahannya serta hasil UMKM/IKM Buleleng.


Acara dilanjutkan dengan pembahasan kebutuhan yang harus disiapkan pada saat pelaksanaan Pasar Rakyat PKK yang disampaikan oleh Sekretaris PKK Kab. Buleleng, yakni panggung seremonial, undangan, dan sasaran penerima. Selain itu juga disiapkan tempat Pasar Rakyat, tempat kuliner, dan tempat makan, serta juga disiapkan berupa tenda sebanyak 40 buah yang diantaranya disiapkan oleh Bank BPD, Wing Surya, DKPP, Perindagkop, dan Bagian Umum Setda.


Selain itu juga disiapkan keperluan meja sebanyak 96 buah yang terdiri dari 76 buah meja panjang, 15 buah meja bundar, dan 5 buah meja tamu yang diantaranya disiapkan oleh DKPP, Perindagkop, dan Bagian Umum Setda. Untuk kebutuhan kursi sebanyak 334 buah yang disiapkan oleh Laksmi Graha, DPMD, DKPP, dan Bagian Umum Setda. Selanjutnya untuk kebutuhan konsumsi sebanyak 410 yang disiapkan oleh DKPP, Disperindagkop, dan Bagian Umum Setda.


Untuk dekorasi panggung, tempat sampah, petugas kebersihan, dan pedagang ruko disiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup, sedangkan sound system dan publikasi oleh Dinas Kominfosanti. Untuk pameran hasil bumi dan olahanya disiapkan oleh Dinas Pertanian dan DKPP, hasil UMKM/IKM dari Dinas Perindagkop, tas belanjaan payung dibantu oleh Bank BPD Singaraja, pengaturan lalu lintas dari Dinas Perhubungan, serta Keamanan oleh Pol PP Kab. Buleleng. Persiapan di RTH Bung Karno akan dimulai pada tanggal 8 Agustus yang terdiri dari pemasangan tenda dan lain-lainnya. Pada prinsipnya semua OPD sangat mendukung kegiatan ini melalui kolaborasi kegiatan.


Acara selanjutnya pertemuan dengan para penyedia kuliner sebanyak 16 penyedia dengan membawa tester. Arahan dari Ibu Plt Ketua PKK maupun Sekretaris PKK Kab. Buleleng, diharapkan penyedia kuliner bersifat mandiri, serta penyajiannya harus cantik, bersih, higienis, dan tradisional, serta tidak menggunaka plastik. Dihimbau juga kepada penyedia kuliner untuk menjaga kebersihan dan menyediakan tempat sampah sendiri, serta menyiapkan QRIS dengan harga yang terjangkau. Loading nantinya akan dimulai pada jam 7 pagi tanggal 10 Agustus 2022 melalui pintu utara.