: 0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Bimbingan Teknis TPP Konvergensi Pencegahan Stunting dan Pelaksanaan E-HDW

Admin dispmd | 25 November 2021 | 28 kali

Dinas PMD Kab. Buleleng melalui Bidang LKDA UEM yang diwakili oleh Bapak I Made Aryana, mengikuti acara Zoom Meeting Bimbingan Teknis TPP Konvergensi Pencegahan Stunting dan Pelaksanaan E-HDW, yang di buka oleh Ibu Lilis Yuliana dari Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan pada hari Selasa, 23 Nopember 2021.


Hadir dalam acara tersebut Bapak Dr. Ir. Suprayoga Hadi, M.S.P. selaku Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan. Beliau membawakan materi Mandatori terhadap Desa atas Perpres 72 Th. 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. 


Dilanjutkan dengan Bapak Made Yudistira dari BKKBN, yang membawakan materi Pendampingan Keluarga Dalam Percepatan Penurunan Stunting, dan Bapak Iwan Halwani dari Direktorat Gizi Masyarakat Kemenkes R.I, yang membawakan materi Intervensi Gizi Spesifik dan Sensitif, serta Ibu Eppy Lugiarti, M.P. dari Kemendes PDTT, dengan materi Strategi Fasilitasi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Desa dan Konsep Modul KPM.


Peserta yang hadir dalam acara ini sebanyak 1.355 orang meliputi unsur Dinas PMD Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Se-Indonesia. 


Waktu pelaksanaan Bimtek dibagi menjadi 3 sesi, untuk sesi pertama pada hari Selasa, 23 Nopember 2021 diisi dengan acara pembukaan dan pemaparan narasumber. Sesi kedua pada hari Rabu, 24 Nopember 2021 diisi dengan kegiatan Bimtek TPP Regional 1, yang meliputi 17 Provinsi dan 242 Kabupaten. Dan dilanjutkan untuk sesi ketiga pada hari Kamis, 25 Nopember 2021 diisi dengan kegiatan Bimtek TPP Regional 2 yang terdiri dari 16 Provinsi termasuk Provinsi Bali dan 192 Kab/Kota.


Tujuan bimtek yakni untuk meningkatkan kapasitas TPP dan Dinas yang membidangi pemberdayaan masyarakat untuk memberikan pelatihan kepada Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang akan dilaksanakan pada Tahun 2022.