0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

MAD Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Tahun 2023 BUM Desa Bersama Kerta Partha LKD Kecamatan Sukasada

Admin dispmd | 05 Maret 2024 | 141 kali

Dinas PMD Kab. Buleleng yang diwakili oleh Plt. Kabid LKDA UEM, Ni Made Banu Deviati, didampingi Fungsional PSM, Ngurah Putu Adnyana, dan staf menghadiri undangan MAD Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Tahun 2023 dan Penyampaian Rencana Program Kerja Tahun 2024 Badan Usaha Milik Desa Bersama Kerta Partha LKD Kecamatan Sukasada, yang bertempat di Wantilan Desa Adat Padangbulia, Desa Padangbulia, Selasa (5/3).


Turut hadir dalam acara ini Camat Sukasada, Kapolsek Kecamatan Sukasada, Danramil Kecamatan Sukasada, Dewan Penasihat BUM Desa Bersama Kerta Partha LKD yang terdiri dari Perbekel se-Kecamatan Sukasada, Dewan Pengawas BUM Desa Bersama Kerta Partha LKD, Direktur, Sekretaris, Bendahara, dan pegawai lainnya pada BUM Desa Bersama Kerta Partha LKD, Ketua Presidium MAD bersama anggota, serta Kelompok Pemanfaat Simpan Pinjam Perempuan.


Acara diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Ketua Presidium MAD, dilanjutkan dengan arahan dari Camat Sukasada serta Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng yang disampaikan oleh Plt. Kabid LKDA UEM. Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan BUM Desa Bersama disampaikan oleh Direktur, dilanjutkan dengan penyampaian laporan hasil pengawasan terhadap pengelolaan keuangan BUM Desa Bersama LKD oleh Ketua Dewan Pengawas. Acara juga diisi dengan diskusi, tanya jawab, dan pemberian masukan/saran bagi pengelolaan BUM Desa Bersama Tahun 2024.


Pada MAD kali ini telah disampaikan dan diterima Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Pada Tahun 2023, yang secara nilai kelolaan yakni total Pendapatan Tahun 2023 mencapai Rp. 599.141.015,-, total Biaya Tahun 2023 mencapai Rp. 513.761.602,-, total Surplus Tahun 2023 mencapai Rp. 85.378.413,-, serta total Kelolaan Aset sampai dengan 31 Desember 2023 mencapai Rp. 5.781.079.481,-. Selain itu juga telah disampaikan dan diterima Rencana Program Kerja untuk Tahun 2024.


Kinerja BUM Desa Bersama Kerta Partha LKD Kecamatan Sukasada sudah tergolong cukup baik dengan capaian yang telah dihasilkan dan juga diberikan apresiasi oleh para peserta MAD. BUM Desa Bersama LKD dapat membukukan PAD sebesar Rp. 4.268.920,- yang nantinya di masing-masing Desa akan menerima PAD sekitar sesuai dengan besaran modal yang disertakan oleh masing-masing Desa (14 Desa). Selain itu, Dana Bantuan Sosial sudah sejumlah Rp. 25.613.523,- yang besarannya diberikan secara merata kepada masyarakat miskin di 14 Desa dan 1 Kelurahan. Pengelolaan bansos RTM akan diberikan sembako yang dikelola oleh Bumdesma Kerta Partha LKD.


Selanjutnya juga disepakati pengurusan pendirian PT LKM untuk mengakomodir pinjaman individu yang selama ini dilaksanakan, serta pengembangan unit usaha lain yaitu ekonomi produktif dan pariwisata, yang memanfaatkan aset Bumdesma dan kerjasama dengan pihak ketiga.


Acara dilanjutkan dengan pengundian hadiah kepada 3 kelompok SPP yang melakukan pembayaran tepat waktu. Adapun pemenang undian yaitu Kelompok Dahlia Desa Sambangan yang mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.000.000,-. Untuk peringkat dua diraih oleh Kelompok Munduk Jaka Desa Wanagiri yang mendapatkan hadiah sebesar Rp. 750.000,-, dan Kelompok Jepun Bali Panji Desa Panji Anom pada peringkat ketiga dengan hadiah sebesar Rp. 500.000,-.


Acara diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Persetujuan Hasil MAD Pertanggungjawaban Pengelolaan Keuangan Tahun 2024 oleh Dewan Penasihat, Dewan Pengawas, Direktur, dan perwakilan peserta. Acara berjalan dengan lancar ditutup dengan ramah tamah dan santap siang bersama.