0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Puncak Acara Peringatan Hari Jadi Desa Pedawa ke-2

Admin dispmd | 16 Desember 2023 | 160 kali

Plt. Kadis PMD Kabupaten Buleleng, I Made Dwi Adnyana mewakili Penjabat Bupati Buleleng menghadiri kegiatan pentas seni budaya serangkaian puncak acara Peringatan Hari Jadi Desa Pedawa ke-2, yang bertempat di Wantilan Desa Adat Pedawa, Kecamatan Banjar, Jumat (15/12).


Hadir pada acara ini Penjabat Gubernur Bali diwakili Staf Ahli Provinsi Bali, Ir. Made Sudarsana, M.Si, Camat Banjar, Prebekel, Ketua BPD, Klian Adat, LPM, serta Lapisan Masyarakat Desa Pedawa.


Prebekel Desa Pedawa dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas semangat masyarakat untuk memajukan Desa dimasa pengabdiannya sebagai Perbekel. Sebelum acara puncak pada hari ini, banyak kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam merayakan hari jadi Desa Pedawa yang ke-2.


Selanjutnya Penjabat Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Provinsi menyampaikan bahwa di hari jadi Desa Pedawa ini adalah momentum introspeksi bersama dan meningkatkan semangat dalam memajukan Desa, tetap menjaga kearifan lokal yang merupakan nilai-nilai luhur Budaya Desa. Beliau berharap semoga masyarakat Desa Pedawa bisa semakin sejahtera kedepannya.


Penjabat Bupati Buleleng yang diwakili oleh Plt. Kadis PMD Kabupaten Buleleng selanjutnya menyampaikan sambutannya, dalam kesempatan ini beliau mengajak kepada Pemerintah Desa Pedawa dan seluruh komponen masyarakat Desa Pedawa untuk melakukan instrospeksi dan evaluasi terhadap apa yang telah dicapai oleh Desa Pedawa dalam perjalanannya sampai tahun ini. Melalui peringatan Hari Ulang Tahun Desa Pedawa ini, mari jadikan sebagai momentum kebulatan hati dan kesatuan tekad untuk mewujudkan Desa Pedawa yang lebik baik dan lebih maju ke depan.


Melalui implementasi kewenangan desa, Penjabat Bupati Buleleng berharap desa bisa bertenaga secara sosial dan berdaulat secara politik sebagai fondasi demokrasi desa, serta berdaya secara ekonomi dan bermartabat secara budaya sebagai wujud kemandirian dalam pembangunan desa.


Dan yang terakhir beliau berpesan Kepada Perbekel, BPD dan seluruh jajaran Perangkat Desa Pedawa, diminta untuk senantiasa fokus dalam menjalankan mandat kewenangan desa. Secara optimal mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, pelaksanaan pembangunan yang mendorong optimalisasi potensi desa, melaksanakan pemberdayaan masyarakat menuju desa mandiri dan pembinaan masyarakat guna terciptanya kemandirian desa untuk mendukung stabilitas nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan komitmen oleh penyelenggara pemerintahan desa dan dukungan seluruh komponen masyarakat Desa Pedawa, baik melalui Lembaga Kemasyarakatan Desa maupun Lembaga Adat Desa.