0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Sosilisasi TMMD Ke-115 di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun 2022

Admin dispmd | 05 Agustus 2022 | 102 kali

Kepala Dinas PMD Kab. Buleleng Bpk. Nyoman Agus Jaya Sumpena yang didampingi oleh Bidang PKD melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaaan TMMD Ke-115 di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Kantor Desa Giri Emas, Kamis (4/8).


Rapat dihadiri oleh Sekcam Sawan, Danramil Kecamatan Sawan, Ketua BPD Desa Giri emas, Bhabinkamtibmas Desa Giri Emas, Babinsa Desa Giri Emas, Kelian Desa Adat Giri Emas, Kelian Dusun se-Desa Giri Emas, Ketua PKK Desa Giri Emas, Ketua Pecalang Desa Giri Emas, Ketua Linmas Desa Giri Emas, Ketua Karang Taruna Desa Giri Emas, Tim Pelaksana Kegiatan TMMD Desa Giri Emas, Tokoh Masyarakat, pemilik tanah, dan pemenang lelang untuk pelaksanaan kegiatan TMMD di Desa Giri Emas. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan kegiatan Pra-TMMD yang rencananya akan dilaksanakan pada Tanggal 5 Agustus 2022 sampai dengan 4 Oktober 2022 selama 60 hari kegiatan. Disini disampaikan kesiapan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan gotong royong saat pelaksanaan Pra-TMMD.


Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas PMD yang menyampaikan dan menjelaskan mengenai kegiatan TMMD, dimana program TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program kerjasama lintas TNI sektoral antara TNI dengan Pemda serta komponen lainnya yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan. Hal ini dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.


Kegiatan TMMD ini dilaksanakan di Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan dengan tujuan menghubungkan jalan Banjar Dinas Dangin Yeh dengan Desa Jagaraga, mempermudah distribusi hasil pertanian, meningkatkan perekonomian masyarakat, alih fungsi lahan persawahan yang semakin berkurang, salah satu akses jalur evakuasi untuk mengatasi kemacetan disaat ada kegiatan upacara adat atau keagamaan dan jalan akses menuju perkembangan desa wisata. Untuk kegiatan fisik yang dikerjakan dengan anggaran Rp. 1.800.000.000 diberikan dengan pola BKK yang diterima.


Kepala Dinas PMD juga menekankan agar pekerjaan TMMD di Desa Giri Emas bisa berjalan dengan baik serta dengan antusias warga untuk mengikuti kegiatan selama TMMD secara gotong royong bersama TNI. Harapan besar beliau agar Desa Giri Emas dalam kegiatan TMMD tahun 2022 ini bisa menjadi contoh bagi desa yang lain terutama di Kabupaten Buleleng dan Nasional.


Selanjutnya sosialisasi diberikan oleh Kodim 1609/Buleleng yang diwakili oleh Pastier dimana Pastier banyak menyampaikan mekanisme kegiatan TMMD dan rencana kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Giri Emas secara detail, adapun rincian kegiatan TMMD yang akan dilasksanakan sebagai berikut yaitu pekerjaan fisik yang terdiri dari buka jalan sepanjang 1.940 meter, rabat beton sepanjang 1.940 meter, gorong-gorong sejumlah 3 titik, senderan sepanjang 517 meter (6 titik), dan pekerjaan reling pengaman sepanjang 128 meter. Selanjutnya untuk pekerjaan pendukung (non fisik) terdiri dari lomba-lomba, sapras desa, dan 6 kegiatan penyuluhan.


Sebelum penutupan diberikan waktu untuk warga/tokoh masyarakat untuk menyampaikan kesiapan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan gotong royong saat pelaksanaan TMMD ini, dimana masyarakat sangat mendukung penuh kegiatan TMMD ini berlangsung dan masyarakat siap untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama TNI.