0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Inventarisasi dan Identifikasi Individu/Kelompok Pemanfaat TTG di Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada

Admin dispmd | 01 Desember 2021 | 128 kali

Dinas PMD Kab. Buleleng melalui Bidang LKDA UEM yang diwakili oleh Kasi UEM TTG, Ngurah Putu Adnyana, SE. hari ini (1/12) melaksanakan kegiatan inventarisasi dan identifikasi individu/kelompok pemanfaat Teknologi Tepat Guna di Desa Wanagiri Kecamatan Sukasada, sekaligus sebagai bahan persiapan Lomba TTG Tk. Provinsi Bali Tahun 2022. 


Tim Dinas PMD diterima oleh Sekretaris Desa Wanagiri dan diantar langsung ke lokasi kelompok Ternak Kambing "Sami Mupu" di Banjar Dinas Bhuana Sari. Ketua Kelompok I Kadek Marta, dengan Alat TTG yang dikembangkan yakni Pengembangan Biogas dengan Memanfaatkan Kotoran Kambing. Berawal dari banyaknya kotoran kambing di peternakan yang dikelola kelompok, berdasarkan pengalaman dan referensi pada media online, dilakukan beberapa kali percobaan sehingga kotoran kambing dapat digunakan sebagai bahan bakar berupa gas yang dialirkan ke kompor salah satu anggota kelompok.


Rancang bangun alat dibuat secara bersama-sama melibatkan semua anggota kelompok, dengan membuat tempat penampungan kotoran kambing berbahan dasar semen, diameter 3,25 m dan tinggi 3,5 m, serta membuat bak untuk menampung residu yang dikeluarkan dengan bak ukuran 1,25 m x 2,25 m, tinggi 2 m. Caranya sangat mudah yaitu melakukan penampungan kotoran kambing yang sudah dihancurkan secara manual kemudian dicampur air perbandingan 1 : 2. Tempat penampungan diatur dengan teknik sedemikian rupa, dan disalurkan ke dapur dengan pipa sampai ke kompor.


Dengan adanya alat ini maka sangat mengirit bahan bakar terutama untuk keperluan di dapur. Akan tetapi alat ini baru hanya dapat dimanfaatkan oleh 1 rumah tangga, karena jarak rumah anggota kelompok dengan alat sangat berjauhan, sehingga mengalami kendala dalam proses penyaluran. Residu yang dihasilkan oleh proses pembentukan gas ini, berupa cairan yang juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman. 


Selain adanya alat TTG biogas dari kotoran kambing, kelompok juga mempunyai alat TTG lain yaitu Alat pencacah pakan ternak dan pembuatan jamu untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh kambing.