0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Tingkat Satuan Kerja dan Eselon I di Lingkungan Jenderal Bina Pemdes Kemendagri

Admin dispmd | 20 Januari 2022 | 338 kali

Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng diwakili oleh Bpk. Madong Hartono (Analis Kebijakan Ahli Muda) pada tanggal 17 s/d 19 Januari 2022 menghadiri kegiatan penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Tingkat Satuan Kerja dan Eselon I di Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri bertempat di Hotel Melia Bali Jl. Raya Nusa Dua Selatan Benoa Badung.


Peserta kegiatan berasal dari perwakilan Satuan Kerja Lingkup Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, termasuk Satuan Kerja Inaktif pada Program Tugas Pembantuan dan Urusan Bersama.


Kegiatan dibuka oleh Muhammad Rizal, SE., M.Si. Sekretaris Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. Beliau menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka menyusun Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Tingkat Satuan Kerja dan Eselon I di Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dan secara khusus dalam kegiatan tersebut juga dilakukan rekonsiliasi data serta upaya penyelesaian  Neraca Aset Barang Milik Negara pada Tingkat Satuan Kerja Inaktif di daerah yang masih memiliki saldo.


Dalam kegiatan yang berlangsung selama 3 (tiga) hari tersebut diisi dengan materi dari narasumber sebagai berikut; 

1). Proses Bisnis SAKTI untuk Operator, BP, BPP dan Tata Cara Pemutakhiran Data dengan Narasumbet dari KPPN Denpasar;  

2). Penyelesaian Likuidasi Satker Inaktif Bersaldo sesuai dengan PMK Nomor. 48/PMK.05/2017 tentang Pelaksanaan Likuidasi Entitas Akuntasi dan Entitas Pelaporan pada Kementerian Negara/Lembaga dengan Narasumber dari KPKNL Denpasar;  

3). Penyelesaian Aset Satker Inaktif Bersaldo pada Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Tingkat Satuan Kerja dan Eselon I dalam rangka persiapan migrasi ke Aplikasi SAKTI Tahun 2022 dengan Narasumber dari Kanwil DJPB Prov. Bali; dan

4). Penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun  2021 Tingkat Satuan Kerja dan Eselon I dengan Narasumber BKA Setjen Kemendagri dan Bagian Keuangan Dirjen Bina Pemdes Kemendagri.


Kegiatan penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Tingkat Satuan Kerja dan Eselon I di Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dapat berjalan dengan lancar dan semua peserta baik dari Pusat maupun Daerah sepakat untuk dapat segera menyelesaikan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 Tingkat satuan Kerja dan Eselon I, utamanya dari Tingkat Satuan Kerja Inaktif yang masih mempunyai saldo untuk segera menyelesaikan dengan koordinasi pada Tingkat Eselon I.