0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

DAPD Melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan di Dinas PMD Kabupaten Buleleng

Admin dispmd | 22 Juni 2023 | 80 kali

Setiap lembaga membutuhkan adminitrasi yang baik dalam pengolahan arsip-arsipnya, karena kearsipan mempunyai peranan sebagai pusat ingatan, sebagai sumber informasi dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap lembaga. Oleh karena itu diperlukan pembinaan dan pengawasan pengelolaan arsip di OPD pada lingkup Pemerintah Kabupaten Buleleng, khususnya Dinas PMD Kabupaten Buleleng. Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng sebagai unsur pelaksana pada bidang kearsipan hari ini, Kamis (22/6) melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengawasan kearsipan pada Dinas PMD Kabupaten Buleleng.


Bertempat di Ruang Rapat Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Sekdis PMD Gede Sasnita Ariawan menerima tim pembinaan dan pengawasan kearsipan DAPD Kabupaten Buleleng yang dipimpin oleh Arsiparis Gede Astutiyasa. Dalam sambutannya, Sekdis PMD menyambut baik kegiatan ini karena dari pengalaman-pengalaman sebelumnya sering ditemui permasalahan dalam hal kearsipan, terutama terkait penyimpanan arsip yang kurang baik sehingga sulit untuk ditemukan ketika diperlukan. Maka dari itu beliau berharap melalui kegiatan pembinaan dan pengawasan ini kearsipan di Dinas PMD dapat tertata dengan baik.


Arsiparis Gede Astutiyasa selanjutnya menyampaikan tujuan dilakukannya pembinaan adalah untuk mengingatkan kembali pentingnya penataan arsip di masing-masing OPD serta mengecek apakah pengarsipan yang dilakukan oleh masing-masing OPD sudah terlaksana dengan baik, sehingga nantinya dapat memudahkan dalam pencarian arsip apabila diperlukan di kemudian hari. Beliau juga menyampaikan terkait permasalahan-permasalahan kearsipan yang sering ditemui, diantaranya pendataan arsip yang sering ditunda-tunda hingga menumpuk dan sulit untuk di data. Maka dari itu diperlukan komitmen bersama untuk mendata secara rutin, sehingga tidak tercecer dan nantinya mudah untuk dicari ketika dibutuhkan.


Kegiatan pembinaan dilanjutkan dengan melihat secara langsung ruangan record center yang ada Dinas PMD sekaligus mengecek penyimpan arsip di masing-masing bidang.