0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kick Off Program Perlindungan Lanskap dan Peningkatan Sumber Penghidupan Masyarakat pada Kawasan Hutan Desa di Kabupaten Buleleng

Admin dispmd | 28 November 2023 | 164 kali

Plt. Kadis PMD Kabupaten Buleleng, I Made Dwi Adnyana didampingi Plt. Kabid PKD, I Komang Krisna Ariawan menghadiri undangan Kick Off Program Perlindungan Lanskap dan Peningkatan Sumber Penghidupan Masyarakat Melalui Penanaman Tanaman MPTS (Multi-Purpose Tree Species) pada Kawasan Hutan Desa di Kabupaten Buleleng, pada hari Sabtu (25/11) kemarin.


Kegiatan ini didukung oleh CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Bank Central Asia bersama jejakin yang bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Java Learning Center (Javlec) dan Sahabat Timur Indonesia (Satin).


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali yang diwakili oleh Kabid Perhutanan Sosial, Camat Sukasada, perwakilan dari Dinas LH Kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Wanagiri, Ambengan, Sambangan, Panji Anom dan Selat serta Ketua LPHD Desa Wanagiri, Ambengan, Sambangan, Panji Anom dan Selat.


Dibuka oleh Camat Sukasada, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program kegiatan yang baik untuk kita dukung bersama dimana kegiatan ini ditujukan kepada Kawasan Den Bukit yang merupakan salah satu kawasan yang bertujuan untuk melestarikan hutan dan air, dimana Den Bukit sudah memiliki buku dengan judul "Atas Nama Air" yang tentunya merupakan sebuah komitmen untuk menjaga hutan dan sumber mata air yang ada. Selanjutnya bantuan pohon yang nantinya akan diberikan pada saat ini harapanya bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk melestarikan dan nantinya bisa untuk menjadi sebuah pengelolaan untuk mengelola madu yang melestarikan alam tanpa merusak atau membakarnya serta juga tentunya sebagai pelestari hutan dan air.


Berikutnya Plt. Kadis PMD menyampaikan bahwa kawasan di Kabupaten Buleleng ada 2 yang sudah terbentuk yaitu kawasan Bali Aga dan Kawasan Den bukit, dimana pada Kawasan Den Bukit yang menjadi fokus kerjasamanya adalah pelestarian hutan desa dan sumber mata air. Tentunya suatu kegiatan dan program ini merupakan salah satu hal yang mendorong kita untuk bersama sama menjaga kelestarian hutan dan menjaga sumber mata air yang ada. Beliau sangat mendukung dan berharap selalu agar program-program ini bisa berkelanjutan dan tentunya bisa diberikan kepada desa-desa yang lain yang ada di Kabupaten Buleleng, karena Kabupaten Buleleng merupakan salah satu Kabupaten yang dekat dengan pesisir pantai dan hutan desa yang luas. Kepala Dinas PMD juga menyampaikan agar bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa dijaga agar bisa tumbuh kembang dengan baik.


Perwakilan Perhutanan Sosial Provinsi Bali menyampaikan bahwa bantuan pohon ini agar bisa dibuatkan barcode agar bisa dimonitoring selalu dan dibuatkan denah lokasi untuk penanamannya sehingga harapanya mereka bisa melaksanakan monitoring untuk perkembangan pohon yang sudah ditanam.


Direktur Satin, Javalec dan Jejakin menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini sebanyak 38.000 pohon dengan 13 jenis pohon yang dibagikan kepada 5 desa yaitu Desa Wanagiri, Selat, Sambangan, Panji Anom dan Ambengan yang harapannya nanti bisa bermanfaat dan mendorong perekonomian masyarakat. Selama 3 tahun nantinya akan dilaksanakan monitoring untuk mengecek pohon yang ditanam dan tentunya semua pohon akan berbacode sehingga bisa di cek melalui monitor dengan keterangan baik, sakit, rusak, hilang atau mati. Dan tentunya pihak Satin, Javalec dan Jejakin sangat berharap agar semuanya ikut menjaga pohon ini sehingga bisa tumbuh besar sesuai dengan harapan kita bersama dan menjadi bermanfaat bagi masyarakat. 


Acara dilanjutkan dengan simbolis penyerahan pohon kepada LPHD 5 Desa, yakni Desa Wanagiri, Selat, Sambangan, Panji Anom dan Ambengan.