0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Guna Menguatkan Peran Walidata di Kabupaten Buleleng, CRI Selenggarakan Pelatihan Teknis Tata Kelola Data Dalam Aplikasi SID Berdaya

Admin dispmd | 14 Maret 2024 | 113 kali

Plt. Kadis PMD, Gede Sasnita Ariawan pagi tadi membuka kegiatan pelatihan teknis tata kelola data dalam aplikasi SID (Sistem Informasi Desa) Berdaya yang bertempat di Hotel Puri Saron, Lovina, Kamis (14/3). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Combine Resource Institution (CRI) Jogyakarta untuk 129 Desa di Kabupaten Buleleng, dari tanggal 14 sampai dengan 20 Maret mendatang.


Plt. Kadis PMD mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini di Kabupaten Buleleng dengan melibatkan 129 Desa. Diharapkan dengan pelatihan teknis tata kelola data dalam aplikasi SID ini akan dapat meningkatkan kapasitas para pengelola SID, terutama peningkatan pemahaman dan pengetahuan terkait SID. Sehingga kedepan SID akan semakin bermanfaat dalam menunjang pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kabupaten Buleleng serta sebagai Aplikasi Pengelola Data di tingkat desa.


Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Buleleng telah berjalan sejak tahun 2018. Pada perkembangannya sampai dengan saat ini berjalan dengan baik. Peran serta aktif operator desa dalam pengelolaan website memposisikan SID sebagai etalase informasi maupun serangkaian agenda serta kegiatan yang ada di 129 Desa di Kabupaten Buleleng. Sejalan agar memastikan dari infrastruktur selalu kondusif, maintenance secara berkala hingga tahun 2024 selalu dilakukan oleh Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng dalam server yang mereka miliki bersama dengan Dinas PMD Kab. Buleleng dari sisi pemberdayaan fungsi SID.


Meski demikian pemanfaatan SID dinilai belum berjalan optimal selain website. Belum terdapat pemanfaatan optimal untuk SID seperti sebagai instrumen analisis data, pembaruan data kependudukan yang masif untuk semua desa, serta integrasi data secara agregatif di tingkat kabupaten sejalan dengan agenda tentang implementasi Satu Data Indonesia – Satu Data Daerah. Lebih lanjut, Combine Resource Institution (CRI), bersama dengan Yayasan Maha Bhoga Marga (MBM) dengan bermaksud untuk mengembangkan prakarsa Sistem Informasi Desa (SID) yang selama ini berjalan berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten Buleleng. SID yang dalam lima tahun terakhir dimanfaatkan sebagai website Desa dapat dioptimalkan secara tingkat lanjut integrasinya melalui Sistem Informasi Kabupaten (SIKAB) dan juga SID dapat optimalkan dalam mendukung Digitalisasi Data dalam penyelenggaraan pelayanan Pemerintahan Desa di Kabupaten Buleleng.


Untuk kegiatan pelatihan pada hari pertama ini diikuti oleh seluruh Operator SID dari Kecamatan Seririt dan Kecamatan Buleleng. Adapun materi-materi yang diberikan pada pelatihan ini diantaranya mengenai Metadata dan Standarisasi Data oleh Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Buleleng, Review Data Kependudukan, Modul Kependudukan, Modul Statistik, dan Modul Cetak Surat dari perwakilan CRI bersama dengan Yayasan MBM dan Dinas PMD, serta materi terkait Keamanan dan Perlindungan Data dari perwakilan Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng.