0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Pelantikan Ketua TP PKK Desa dan Bunda PAUD di Desa Pangkungparuk, Sulanyah, Patemon, dan Tukadmungga

Admin dispmd | 22 Desember 2023 | 164 kali

Penjabat gb777 Bupati Buleleng yang diwakili oleh Plt. Kadis PMD Kabupaten Buleleng, I Made Dwi Adnyana hari ini menghadiri Upacara Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Pengukuhan Bunda PAUD Desa Pangkungparuk, Desa Sulanyah, dan Desa Patemon Kecamatan Seririt, yang bertempat di Aula Kantor Perbekel Desa Pangkungparuk, Kecamatan Seririt, Jumat (22/12).


Penjabat Bupati Buleleng yang diwakili Plt. Kadis PMD dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas lain yang diemban oleh Ketua TP PKK Desa adalah sebagai Bunda PAUD Desa, maka dari itu beliau berharap Bunda PAUD Desa untuk ikut meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan PAUD di desa masing-masing.


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan tentang cara pola asuh tumbuh kembang anak dari usia 0 sampai dengan 6 tahun. Seperti yang diketahui, pada usia tersebut anak berada pada periode usia emas, yaitu dimana anak mengalami pertumbuhan otak dan mental yang sangat cepat dan maksimal, sehingga keberhasilan dalam mendidik anak sangat menentukan karakter anak dalam menjawab tantangan hidup nantinya.


Dorongan dan motivasi juga sangat diperlukan dalam pengembangan PAUD di Kabupaten Buleleng. Pj Bupati Buleleng berharap langkah-langkah nyata dan inovatif agar terus digalakkan terutama untuk meningkatkan kesadaran orang tua agar mengikutsertakan anaknya ke PAUD sekaligus mewujudkan Satu Desa Satu PAUD dengan melibatkan peran serta masyarakat dan pihak lainnya.


Selanjutnya disampaikan bahwa Gerakan PKK perlu terus didukung dan dikembangkan karena akan sangat membantu menuntaskan program pemerintah, utamanya pada bidang pemberdayaan masyarakat. Disamping itu beliau juga berharap TP PKK Desa dapat ikut serta mendukung program pemerintah dalam menuntaskan stunting dan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Buleleng.


Mengakiri sambutannya, Pj Bupati berpesan kepada Ketua TP PKK Desa yang baru dilantik agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan rumusan hasil Rakernas IX Tahun 2020, serta amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) melalui koordinasi dengan berbagai pihak, sehingga PKK bisa semakin maju dan berkembang khususnya di Buleleng.


Turut serta hadir pada upacara pelantikan kali ini Kepala Disdikpora Buleleng, Kapolsek Seririt, Danramil Seririt, Korwil Pendidikan Kecamatan Seririt, Kepala Puskesmas Seririt I, II, dan III, para Perbekel/Lurah se-Kecamatan Seririt, Penjabat Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng beserta anggota, Ketua TP PKK Kecamatan Seririt, Ketua TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Seririt, dan Bunda PAUD Desa/Kelurahan se-Kecamatan Seririt.


Plt. Kadis PMD selanjutnya juga menghadiri acara serupa, yakni Upacara Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Pengukuhan Bunda PAUD Desa Tukadmungga, yang bertempat di Pantai Happy, Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng.