0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Dukung Pencegahan Stunting, Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali Lakukan Kegiatan Berkunjung dan Berbagi di Kabupaten Buleleng

Admin dispmd | 08 November 2023 | 115 kali

Dalam rangka mendukung pencegahan stunting di Provinsi Bali, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya, melakukan kegiatan "Berkunjung dan Berbagi" yang merupakan sinergi TP PKK Provinsi Bali bersama Dinas PMD DUKCAPIL Provinsi Bali, Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali yang pada hari ini dilaksanakan di Kabupaten Buleleng, tepatnya di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Rabu (8/11).


Kegiatan "Berkunjung dan Berbagi" ini diisi dengan peninjauan secara langsung pelaksanaan kegiatan Posyandu Kecubung yang bertempat di Sidasiwa Ashram, Banjar Dinas Yeh Panes, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak. Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali juga ikut serta melakukan penyuapan PMT kepada balita sekaligus melakukan penyerahan bantuan kepada 47 orang balita dari Desa Patas, Celukanbawang, Sanggalangit, Pengulon, Penyabangan, dan Tukadsumaga. Paket bantuan yang diberikan berupa 5 kg beras, 1 krat telur, 6 kotak susu, sikat gigi beserta pasta gigi, dan paket ikan yang diserahkan secara simbolis kepada 6 orang balita dari masing-masing desa.


Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana turut hadir pada kegiatan ini didampingi Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng bersama dengan Sekda Kabupaten Buleleng, Plt. Kadis PMD Kabupaten Buleleng, Pimpinan Perangkat Daerah Terkait di Kabupaten Buleleng, Plt. Camat Gerokgak bersama Plt. Ketua TP PKK Kecamatan Gerokgak, Pj Perbekel Desa Patas bersama Pj Ketua TP PKK Desa Patas, serta Perbekel Desa Sanggalangit, Penyabangan, Tukadsumaga, Pengulon, dan Celukanbawang.


Dalam sambutannya, Pj Bupati Buleleng menyampaikan upaya-upaya Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam menjalankan program prioritas seperti percepatan penurunan angka stunting, pengenentasan kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi. Ketiga hal tersebut saling berkaitan. Khusus untuk angka stunting di Buleleng telah mengalami penurunan dari 11% menjadi 2,7%.


Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali dalam sambutannya menyampaikan akan pentingnya menjaga kesehatan kehamilan, asupan gizi dan vitamin, serta juga menjaga kesehatan gigi anak-anak, sehingga melahirkan anak yang sehat dan kuat.


Selanjutnya Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali melakukan kunjungan dan penyerahan bantuan ke 3 (tiga) rumah balita stunting dan balita dengan gejala tumbuh kembang beresiko stunting di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak.


Rombongan Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali selanjutnya mengunjungi UMKM Prana Sutra di Desa Kalianget, Kecamatan Seririt.