0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Pelantikan Ketua TP PKK Serta Pengukuhan Bunda PAUD Desa Sangsit dan Desa Bungkulan Kecamatan Sawan

Admin dispmd | 16 Januari 2024 | 106 kali

Plt. Kadis PMD, I Made Dwi Adnyana, menghadiri upacara pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Pengukuhan Bunda PAUD Desa Sangsit dan Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, yang bertempat di Aula Kantor Camat Sawan, Selasa (16/1).


Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sawan, Ny. Endang Wirama pada kesempatan ini melantik Ni Kadek Tirtawati sebagai Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Desa Sangsit, dan Irma Haryati sebagai Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda PAUD Desa Bungkulan.


Camat Sawan, I Made Wirama Satria, dalam sambutannya memberikan penerangan terkait tugas dari PKK yang merupakan organisasi kemasyarakatan untuk memberdayakan perempuan dan berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan Indonesia. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai agen gerakan pembangunan masyarakat mempunyai 10 Segi Kehidupan Keluarga yang dikenal luas dengan istilah 10 Program Pokok PKK yang selanjutnya diadopsi kedalam kegiatan, yakni Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, serta Perencanaan Sehat.


Selanjutnya Bunda PAUD adalah sebagai simbol sekaligus mitra utama dari Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figure ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan, keberadaan Bunda PAUD dapat memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan, dan penggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Provinsi, tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, serta Desa/Kelurahan. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Hal ini disebabkan oleh karena keluarga adalah pendidik pertama dan utama, juga sebagai basis pendidikan moral dan agama pelestari nilai-nilai luhur, jelas Camat Sawan.