: 0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Pelantikan Ketua TP PKK Desa dan Pengukuhan Bunda PAUD Desa di Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Gerokgak

Admin dispmd | 23 Juni 2022 | 19 kali

Dinas PMD Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabid LKDA & UEM Ibu Ni Ketut Ariattini, SE. hari ini (23 Juni 2022) menghadiri undangan Pelantikan Ketua TP PKK Desa dan Pengukuhan Bunda PAUD Desa di 3 (tiga) Desa di Kecamatan Buleleng dan 1 (satu) Desa di Kecamatan  Gerokgak, yang bertempat di Gedung Wanita Laksmi Graha Singaraja.


Untuk Kecamatan Buleleng yang dilantik yakni Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kelurahan Kampung Kajanan Ny. Serini Sudarsana, Ketua TP PKK Desa dan Bunda PAUD Desa Poh Bergong Ny. Warini Wagia, dan Ketua TP PKK Desa dan Bunda PAUD Desa Baktiseraga Ny. Praba Wijayanti Armada. Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Buleleng dilantik secara langsung oleh Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Buleleng Ny. Kornelia Pustaka. Selanjutnya untuk Kecamatan Gerokgak yang dilantik yaitu Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Desa Geroggak Ny. Dayoni Wijaya oleh Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kecamatan Gerokgak Ny. Rahayu Handayani Juartawan. Setelah acara pelantikan dilanjutkan dengan acara celoteh anak dari TK Banyuning.


Acara Pelantikan Ketua TP PKK dan Pengukuhan Bunda PAUD ini dihadiri oleh Bunda PAUD Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana, Plt. Ketua TP PKK Kabupaten yang diwakili oleh Sekretaris TP PKK Kabupaten Buleleng, OPD terkait, pengurus PKK Kabupaten Buleleng, Muspika dan undangan lainya. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Bunda PAUD Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana, dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan sumberdaya manusia dimana PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi.


Keberadaan Bunda PAUD sangatlah penting untuk menggerakkan segenap komponen dan sumberdaya yang ada diwilayahnya. Bunda PAUD merupakan sebuah profesi sukarela yang dilandasi dengan rasa cinta dan kasih sayang sehingga menjadi lokomotif untuk mendorong segenap elemen masyarakat, dan Bunda PAUD juga diharapkan dapat membangun komunikasi dengan semua pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD. Terang Ibu Aries Suradnyana.


Beliau juga menyampaikan terkait sinergitas kegiatan PKK dengan telah dilantiknya Ketua TP PKK Desa agar dapat melaksanakan 10 program pokok PKK dan program unggulan seperti HATINYA PKK, pengelolaan sampah berbasis sumber, dan pencegahan anak stunting, yang dimana antara program yang satu dengan yang lainnya sangat terkait dan saling mendukung. Diharapkan TP PKK Desa agar selalu mendukung dan sebagai penggerak program-program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa.