0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Sambang Desa dan Fasilitasi BUM Desa di Desa Penyabangan

Admin dispmd | 06 Januari 2022 | 359 kali

Kamis, 6 Januari 2022. Dinas PMD Kabupaten Buleleng melaksanakan kegiatan Sambang Desa dan Fasilitasi Pembentukan Peraturan Desa  dan BUM Desa sesuai dengan PP 11 Tahun 2021 di Desa Penyabangan Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Tim Sambang Desa Dinas PMD Kabupaten Buleleng terdiri dari Fungsional Analis Kebijakan Ahli Muda Drs. Nyoman Suardana, I Rai Gede Arisudana, ST., Madong Hartono, S.Pd., dan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Ngurah Putu Adnyana, SE . 


Perbekel Penyabangan menyambut baik dan berterima kasih atas kedatangan Dinas PMD Kabupaten Buleleng dalam kegiatan Sambang Desa dan Fasilitasi BUM Desa di Desa Penyabangan. Perbekel berharap dengan kegiatan Sambang Desa akan dapat memberikan manfaat utama bagi peningkatan kapasitas Aparatur Desa Penyabangan dan pengurus BUM Desa Santhi Karya Jaya Penyabangan.


Tim Sambang Desa Dinas PMD Kabupaten Buleleng, dalam kegiatan dimaksud melakukan pendampingan dan diskusi masing-masing dengan seluruh Perangkat Desa dan Pengurus BUM Desa terkait dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, serta konsultasi terkait pemberhentian salah satu perangkat desa.


Disamping itu juga dilakukan diskusi membahas terkait pelaksanaan implementasi TTG, Peran Pemerintah Desa dalam menjaga Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan yang nantinya akan bertransformasi menjadi BUM Desa Bersama, pelaksanaan BPJS Kesehatan dan masalah administrasi Pemerintahan Desa.


Sedangkan dengan Pengurus BUM Desa materi yang dibahas adalah terkait permasalahan internal pada BUM Desa yang selama ini telah fakum dari awal tahun 2019. Permasalahan ini dimaksudkan akan dicarikan solusi bersama-sama sehingga permasalahan bisa terselesaikan dan dapat kembali menghidupkan BUM Desa yang selama ini telah vakum.


Dalam beberapa hari ke depan Tim Dinas PMD akan kembali lagi ke Desa Penyabangan dengan harapan sudah dipersiapkan data peminjam dan laporan keuangan BUM Desa serta data pendukung lainnya agar dapat diketahui secara gamlang  permasalahan yang dihadapi, dan dapat diambil keputusan secara cepat dan tepat dalam penyelesaian masalah dimaksud.


Dengan kegiatan sambang Desa Dinas PMD ini diharapkan dapat memberikan ruang seluas-luasnya bagi Perangkat Desa untuk berdiskusi mengenai segala hal yang berkaitan dengan kepentingan Pemerintahan Desa, untuk dapat mewujudkan pelayanan Desa dan tata kelola Pemerintah Desa yang lebih baik lagi.