Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelola Badan usaha Milik Desa (BUMDes) agar transparan, efektif, efisien dan akuntable pada desa penerima Gerakan Pembangunan Desa Terpadu Mandara ( Gerbang sadu Mandara) dilakukan Pelatihan managemen pelaporan keuangan serta motivasi peningkatan managemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa pada desa - desa penerima GSM tahun 2014.
Pelatihan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) dihadiri oleh 50 orang pengelola BUMDes desa penerima Gerbang Sadu Mandara pada tahun 2014. Pelatihan ini dilaksanakan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Bali. Pelatihan BUMDes dibuka oleh Kepala Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Bali Ir.Ketut Lihadnyana, MMA. Dalam sambutannya, Kepala Badan Pemerdayaan Masyarakat dan Pemrintahan Desa menyambut baik diadakan pelatihan BUMDes yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas BUMDes serta meningkatkan Pemahaman terhadap mekanisme pelaporan yang akuntable serta dapat mengirimkan laporan secara online lewat akses internet.
Materi pelatihan ini diisi oleh pembicara odari Bank Indonesia dan Kepala Badan Bulog regional Bali. Pelatihan Badan Usaha Milik Desa diharapkan mampu meningkatkan sumber daya pengelola dalam kapasitas pengelolaan BUMDes sehingga program pemerintah Provinsi Bali dalam rangka pengentasan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan potensi desa untuk meningkatkan ekonomi produktif desa dapat berjalan dengan maksimal. Pada pelatihan BUMDes diberikan materi tentang tatacara pengambilan gagasan terhadap pelaksanaan program Gerbang Sadu Mandara berdasarkan potensi dari desa masing – masing. Selain itu juga peserta pelatiahn BUMDes dibekali tata cara pengelolaan ekonomi pedesaan serta proses pelaporan secara online melalui email . Menurut salah satu peserta pelatihan, pelaksanaan pelatihan ini sangat efektif dan efisien yang menyasar pada peningkatkan kualitas pengelolaan BUMDes dan proses pelaporan yang sangat mudah dan bermanfaat.
sumber : www.gerbangsadumandara.provbali.info