0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Banyak Negara Ingin Contoh PNPM Mandiri

Admin dispmd | 30 April 2014 | 1714 kali

Banyak negara yang tertarik dan ingin meniru Program Nasional Pemberdayaan Mayarakat (PNPM) Mandiri. Ini terlihat dari acara Forum Meeting Global Partnership for Effective Development Cooperation di Mexico City pekan lalu. Banyak negara maju yang mempertanyakan program tersebut.

"Yang ingin ditiru itu semuanya, seperti desain programnya. Salah satu negara yang ingin mengadopsi PNPM yakni Timor Leste," ulas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana dalam kesempatan temu wartawan di Kantornya di Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Senin (21/4/2014).

Beberapa negara akan belajar langsung ke Indonesia mengenai PNPM Mandiri. Meski tidak diadopsi 100 persen, konsep PNPM Mandiri akan digunakan banyak negara lain.

"Mereka belajar cara PNPM Mandiri diimplementasikan. Tentu tidak 100 persen diadopsi. Mereka akan datang ke Indonesia belajar," tegasnya.

Pengembangan konsep PNPM Mandiri Indonesia juga akan diadopsi Amerika Serikat, Australia, serta Bank Dunia dalam mengimplementasikan program bantuan mereka. "Kalau dibantu negara maju oleh institusi multilateral lain, misalnya World Bank, kan biasanya berupa dana," jelasnya. (Metrotvnews.com)