0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

BUMDES TINGKATKAN EKONOMI DESA

Admin dispmd | 14 Juli 2017 | 763 kali

BUMDES TINGKATKAN EKONOMI DESA 

Warga desa sering kali dihadapkan pada kondisi yang memprihatinkan saat mengalami gagal panen atau pemutusan hubungan kerja saat bekerja di perkotaan. Untuk itu, pemerintah terus menggulirkan program untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi perdesaan. "Salah satu upaya yang kami lakukan ialah mengapitalisasi sumber daya desa melalui badan usaha milik desa (BUMDes). Kementerian terus mendorong kelahiran dan berkembangnya BUMDes," papar Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ahmad Erani Yustika, akhir pekan lalu.

BUMDes, lanjut dia, didirikan agar masyarakat desa bisa keluar dari banyak situasi yang penuh masalah. "BUMDes didirikan sesuai dengan amanat UU Desa." Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar menambahkan, menggeliatnya ekonomi di desa akan berdampak pada peningkatan kebutuhan lembaga keuangan.

Untuk itu, BUMDes dan BUMDes antardesa dapat dimanfaatkan untuk menjadi salah satu unit usaha, yang memberikan permodalan kepada pelaku usaha di desa. "Saat ekonomi di desa menggeliat, masyarakat mulai berpikir untuk menyimpan uang mereka sebagai salah satu upaya investasi, atau mengajukan pinjaman sebagai modal usaha. Kondisi itu akan membuat terjadinya perputaran uang di daerah," tandasnya. (BN/N-2)

Sumber: Media Indonesia

Download disini