0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kemenpar Pacu Pokdarwis Wujudkan Pariwisata yang Andal

Admin dispmd | 14 Desember 2017 | 1077 kali

Jakarta, CNN Indonesia -- Program Apresiasi Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona Tingkat Nasional digelar oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) demi memacu pengembangan sadar wisata dan Sapta Pesona. Program ini memiliki misi untuk membina sekitar 1000 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang tersebar di seluruh provinsi.

"Ini sekaligus ajang apresiasi terhadap Kelompok Sadar Wisata yang ikut mengembangkan pariwisata di seluruh provinsi," ujar Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky Rahman yang didampingi Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar Oneng Setya Harini pada Minggu (2/4/2017).

Kini, program Apresiasi Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona Tingkat Nasional telah memasuki pemilihan dewan juri yang melibatkan kalangan pemerhati, pelaku dan pers yang peduli pariwisata serta akademisi. Rencananya, daftar pemenang akan diumumkan saat perayaan Hari Pariwisata Dunia pada 27 September 2017.


Pokdarwis Provinsi juga punya kesempatan yang sama untuk bersaing dengan Pokdarwis di 10 Destinasi Prioritas dengan mengirimkan proposal hingga 7 April 2017. "Sejak Febuari  2017 para kepala dinas pariwisata di tingkat provinsi maupun kabupaten sudah dikirimkan surat untuk melibatkan Pokdarwis terbaiknya di daerah bersaing di tingkat nasional. Nantinya para juri memilih 20 finalis dari ratusan proposal yang masuk untuk kompetisi ini," ujar Oneng.

Pokdarwis merupakan kelompok masyarakat yang berperan sebagai motivator, penggerak, serta komunikator. Tugasnya adalah untuk menggerakkan masyarakat setempat agar bisa menjadi tuan rumah yang baik. Mereka juga menjadi garda terdepan untuk meningkatkan kesiapan dan kepedulian masyarakat di sekitar destinasi atau objek wisata.

"Pokdarwis itu makin punya peran penting dalam mewujudkan sadar wisata dan menerapkan Sapta Pesona di daerahnya. Keberadaannya menjadi penggerak dan mitra terdekat pengembangan wisata, baik di tingkat pusat, daerah, hingga kota kabupaten," tambahnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya turut menanggapi positif rencana Penghargaan Apresiasi Sadar Wisata Tingkat Nasional ini. "Ini menarik. Pokdarwis didorong menjadi duta-duta wisata yang andal dan profesional dengan standar kelas dunia. Masih cukup waktu untuk mengirimkan proposalnya, silakan bergabung di kompetisi ini," katanya.

Menurut Arief Yahya, Pokdarwis dapat  menciptakan kominitas pariwisata yang kuat karena ekosistem industri pariwisata akan hidup lebih subur dan andal. "Bupati dan wali kota di daerah yang langsung berhubungan di depan dengan masyarakat harus lebih banyak berperan untuk menciptakan sadar wisata di level yang paling dasar, yakni masyarakat," tambahnya.