0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

PNPM Peduli

Admin dispmd | 20 Mei 2014 | 1014 kali

Apa itu PNPM Peduli?

Orang-orang yang paling marjinal di antara yang miskin sering kali tidak mudah dijangkau oleh program-program pengentasan kemiskinan, termasuk oleh program PNPM Mandiri. Organisasi masyarakat madani (CSO) dan kelompok-kelompok masyarakat pada tingkat akar rumput sering kali memiliki keunggulan komparatif dalam menjangkau dan bekerja dengan kelompok-kelompok dimaksud.

PNPM Peduli adalah program baru yang bertujuan untuk melengkapi PNPM Mandiri dengan mendukung organisasi masyarakat madani yang bekerja dengan dan untuk orang-orang paling terpinggirkan di seluruh Indonesia. Di bawah PNPM Peduli, dana hibah diberikan kepada Organisasi Pelaksana (Executing Organizations, EOs). Ada dua macam EO: organisasi pembuat hibah (model A) dan organisasi tingkat nasional dengan cabang-cabang lokal (model B). Organisasi pembuat hibah memberikan sub-hibah kepada CSO lokal atau organisasi berbasis komunitas, dan organisasi tingkat nasional memberi sub-hibah kepada cabang-cabang sub-nasionalnya agar dapat menjangkau mereka yang paling marjinal.

PNPM Peduli akan memberi dukungan untuk kegiatan-kegiatan pengentasan kemiskinan dan pembangunan kapasitas dan pelatihan untuk memperkuat kapasitas keorganisasian organisasi penerima hibah dan sub-penerima hibah. PNPM Peduli berbeda dari program lainnya di bawah PNPM karena ia digerakkan oleh organisasi masyarakat madani dengan dukungan dari Pemerintah.