0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

BLM Cair 80% Kecamatan Gerokgak Kejar Target MP3KI

Admin dispmd | 20 November 2014 | 762 kali

PNPM Mandiri Perdesaan

Dana BLM Program MP3KI (Masterplan Percepatandan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia) di Kecamatan Gerokgak telah cair 80 %  atau Rp.2.296.727.000,-  ke rekening unit pengelola kegiatan ( UPK PNPM MPd) . Dana tersebut sebagian sudah terserap kemasyarakat sejalan dengan pencapain  progress kegiatan lapangan khususnya pengerjaan jalan beton.

Alokasi total dana MP3KI di Kecamatan Gerokgak sebesar Rp. 2.870.910.000,-. Dari alokasi dana tersebut akan di pergunakan mendanai usulan kegiatan seperti pembangunan sarana prasarana jalan beton, pipanisasi air bersih. Ada 5 desa yang menerima alokasi dana Program MP3KI yakni ; DesaSanggalangit, DesaTinga-Tinga, Desa Pejarakan, Desa Penyabangan dan Desa Sumberkima. 

Menurut Fasilitator Teknik Kecamatan Eko Arif Susanto, dana BLM tahap ke 2 MP3KI cair sebesar 80 % di rekening UPK pada Minggu ke- 2 Nopember 2014. Karena itu tim kecamatan akan bekerja keras guna mengawal dan mengendalikan penyaluran dana ke tim pelaksana masyarakat. Sejauh ini desa yang tercepat penyerapannya adalah Desa Pejarakan dengan kegiatan jalan beton. Pelaksanaan kegiatan di lapangan sudah berjalan. Kecepatan pencapaian tahapan progress di lapangan, lanjut Eko, tak lepas andil dari tim pelaku desa. Di mana tim pelaku desa seperti TPK AD (Tim Pengelola Kegiatan Antar Desa) merupakan kader kader yang sudah terlatih dalam swakelola kegiatan.  Kerjasama secara berjenjang dari pelaku desa dan fasilitator kecamatan yang di dukung kelembagaan memperlancar arah penyelesaiaan pekerjaan.(bid puem ***yan/madong)