0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Buleleng Berhasil Raih Penghargaan Tingkat Nasional Dalam Acara Temu Karya Nasional Gelar TTG XX

Admin dispmd | 21 Oktober 2018 | 311 kali

Salah satu upaya mempercepat pembangunan masyarakat adalah melalui proses pemberdayaan masyarakat itu sendiri. Diantara berbagai upaya pemberdayaan masyarakat yang sudah diterapkan selama ini, salah satu yang dianggap efektif yaitu dengan menerapkan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Pengembangan TTG secara sederhana dipahami sebagai pemanfaatan sumber daya (bahan baku) tertentu yang biasanya berbasis sumber daya alam lokal, dan dengan dipadukan teknologi sederhana mampu menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan bernilai ekonomis.

Pemkab Buleleng melalui Dinas PMD telah pula melakukan hal yang sama. Salah satunya dengan mengembangkan TTG "Alat Penyamak Kulit Ikan", yang digagas oleh Nyoman Adi Arnaya dari Kelurahan Banjar Jawa, Kec.Buleleng.

Atas usaha tersebut dalam lomba inovasi TTG, Kabupaten Buleleng yang mewakili Provinsi Bali berhasil memperoleh Juara III tingkat nasional, dan BUPATI BULELENG memperoleh Penghargaan sebagai KEPALA DAERAH YANG MELAKUKAN PEMBINAAN TERHADAP INOVATOR TEKNOLOGI TEPAT GUNA.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Kementerian Desa PDTT Ir. Leroy Samy Uguy, MA, Ph.D pada hari Sabtu, 20-10-2018 di GWK, Ungasan-Badung, serangkaian acara Temu Karya Nasional TTG PINDesKel 2018. Hadir mewakili Bupati Buleleng dalam menerima penghargaan tersebut yaitu Sekretaris Dinas PMD Made Sukreni, S.Sos, M.Si.