0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Desa Penuktukan wakili Kecamatan Tejakula Lomba Penilaian KKG-KB Kesehatan Kabupaten Buleleng tahun 2018

Admin dispmd | 31 Oktober 2018 | 460 kali

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan nasional untuk pembangunan keluarga, melalui 10 program pokok PKK dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera dalam suasana kehidupan yang aman, tentram dan damai. Tim Penggerak PKK mempunyai peran yang sangat penting dan nyata dalam mengimplementasikan kegiatan-kegiatan Pemerintah. Hal itu dikatakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST., Melalui  sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat, dan Layanan Pengadaan Setda Kabupaten Buleleng, Ni Made Rousmini, S.Sos saat menghadiri Penilaian KKG-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2018 di Balai Desa Werdhi Guna Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula, Rabu (31/10/2018). Sejumlah hasil potensi lokal Desa Penuktukan  seperti sayuran, buah-buahan, hasil olahan tanaman obat, dan menu olahan pangan non beras disajikan dalam pameran KKG-KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Buleleng senantiasa konsisten melaksanakan program pembangunan terintegrasi dan terencana dengan melibatkan seluruh stakeholder  yang ada. ”Tidak saja pembangunan fisik, tapi juga pembangunan non fisik pun kita laksanakan, untuk terwujudnya masyarakat Buleleng yang Mandiri, Sejahtera, dan Berdaya Saing, berlandaskan  Tri Hita Karana,” ungkap Rousmini

Ditambahkan, kegiatan penilaian KKG-KB Kesehatan tidak semata-mata untuk mencari juara melainkan bagaimana upaya yang dilakukan oleh Perbekel di dalam menggerakan semua unsur  masyarakat untuk berpartisipasi dan mengembangkan potensi yang yang di miliki agar bisa berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rousmini menyampaikan peran kader PKK,  sangat penting di masyarakat untuk ikut membantu, mendorong dan menggerakkan masyarakat dalam kesehatan ibu dan anak disamping menjaga organ intim. Untuk mencegah kanker serviks sejak dini, dapat dilakukan melaui Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Ia pun berharap , Perbekel Penuktukan  khususnya dan perbekel se-Kecamatan Tejakula agar di tahun berikutnya dapat menganggarkan kegiatan PKK maupun pendidikan karakter bagi PAUD dalam APBDes secara proporsional sesuai dengan kemampuan keuangan desa. ”Saya harapkan kepada seluruh perbekel agar dalam pengelolaan keuangan di desa sesuai dengan regulasi yang ada,”ucapnya.

Hal senada diungkapkan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buleleng Ny. Aries Suradnyana menjelaskan, penilaian Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018 ini, diikuti seluruh kader terbaik di masing-masing PKK Kecamatan. Kader PKK yang dinilai oleh tim Pembina dan Penilai Kabupaten Buleleng nantinya harus memenuhi 12 (dua belas)  syarat penilaian seperti Tertib administrasi PKK, Pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta kasih sayang (PAAR), UP2K PKK, Hatinya PKK, IVA test, KKG PKK KB Kesehatan, LBS, PHBS, Posyandu, KOOR PKK, Senam Lansia,serta  Cipta Menu Olahan B2SA . Disamping itu juga menekankan pentingnya pendidikan usia dini (PAUD) tentang pendidikan karakter dari usia 0 sampai dengan 6 tahun.” Pada usia tersebut anak berada pada periode emas atau golden age periode yaitu periode dimana anak mengalami perumbuhan otak dan mental yang sangat cepat dan maksimal. Sehingga keberhasilan dalam mendidik anak sangat menentukan karakter anak dalam menjawab berbagai tantangan hidup yang akan dihadapinya.” Tutup Aries Suradnyana.