0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Eco Enzyme Menolong Bumi

Admin dispmd | 05 Juni 2020 | 1691 kali

Eco Enzyme adalah produk multi fungsi yang dibuat dari fermentasi sampah dapur yang segar (sisa kulit buah dan sayur), Molasses, dan air. Digunakan dalam aspek rumah tangga, kesehatan, agrikultur, peternakan dll.

Dinas PMD Kab. Buleleng bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup mengembangkan produk-produk Eco Enzyme yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Produk-produk Eco Enzyme dapat digunakan diantaranya untuk membersihkan lantai, mencuci piring, pakaian, kompor dan areal dapur serta kamar mandi. Eco Enzyme juga dapat diolah menjadi obat kumur dan gosok gigi, untuk mencuci rambut, mandi, cuci tangan, bahkan sebagai pembasmi pestisida, detoks tubuh, kompres bisul atau luka gores, anti radiasi serta pupuk organik.

Cara pembuatan Eco Enzyme sangatlah mudah, rumusnya adalah 1 : 3 : 10 dimana 1 bagian molasses, 3 bagian kulit buah / sayur dan 10 bagian air. Pertama masukan air ke dalam botol, lalu masukan molasses, sampah dapur (kulit buah / sayur) dan setelah itu tutup rapat selama 3 bulan. Pada bulan pertama setiap hari buka tutup botol untuk membiarkan gas keluar.

Contoh penggunaan Eco Enzyme untuk pembersih alat-alat dapur dengan perbandingan 1 EE + 1 sabun + 5 air. Tidak perlu ragu ataupun khawatir dalam membuat Eco Enzyme, karena setelah 3 bulan pasti akan jadi.

Melihat begitu banyaknya manfaat dari Eco Enzyme ini serta cara pembuatan yang mudah dan hemat diharapkan lebih banyak orang yang ikut membuat produk ini khususnya di lingkup rumah tangga.