0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

FGD (Focus Group Discussion) Forum BUMDesa Buleleng

Admin dispmd | 12 Februari 2020 | 329 kali

Dinas PMD Kab. Buleleng hari ini, rabu 12 februari 2020 menghadiri acara FGD (Focus Group Discussion) yang dilaksanakan oleh Forum BUMDesa Buleleng dalam rangka memfasilitasi kebutuhan informasi BUMDesa di Kabupaten Buleleng.

Kegiatan dilaksanakan di Bumdes Desa Tajun dan dihadiri oleh Kadis PMD didampingi Kabid PMDKP, Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan beserta Ketua BUMDes se-Kabupaten Buleleng.

Kadis PMD dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang pendampingan khusus dalam pengelolaan Hutan Desa oleh Kementrian Kehutanan yang menyasar Desa Sepang kaje, Sumberkima, Pemuteran, Pejarakan, Penuktukan, Tembok, Tukad sumaga dan Patas.

Melalui forum Desa dan Kecamatan diharapkan semua masalah nantinya akan dapat didiskusikan dan dipecahkan, serta perbaikan manajemen dan pengawasan yg ketat juga diperlukan.

Kadis PMD juga menyampaikan mengenai transaksi non tunai seperti program Bank Sampah yang merupakan inovasi dalam pengurangan sampah dan diharapkan desa juga dapat berinovasi melalui Bumdes dengan berorientasikan pada DEWI (Desa Wisata) dan DEDI (Desa Digitalisasi). Serta diharapkan adanya kerjasama antar Bumdes melalui Forum Bumdes bersama ini.