0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

HARI KE-II PENILAIAN EVALUASI PERKEMBANGAN DESA DI DESA TISTA

Admin dispmd | 02 Maret 2018 | 415 kali

Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG bersama Ketua Tim Penggerak PKK Buleleng, Ny.Aries Suradnyana mengahadiri dan membuka lomba desa pada evaluasi perkembangan desa tingkat kabupaten Buleleng tahun 2018 di Gedung Serbaguna Desa Tista kecamatan Busungbiu, Kamis 1/3. Tampak hadir pada kesempatan itu Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Buleleng, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan para Perbekel se kecamatan Busungbiu serta masyarakat desa Tista.

Pelaksanaan penilaian evaluasi perkembangan desa merupakan amanat dari permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan. maksud diselenggarakannya evaluasi perkembangan desa adalah : untuk mengetahui status tertentu dari hasil perkembangan desa (desa cepat berkembang, berkembang dan kurang berkembang) serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan tujuan evaluasi perkembangan desa adalah untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan desa dan kelurahan dalam kurun waktu tertentu serta mendorong :

  1. peningkatan kapasitas lembaga pemerintahan desa dan kelurahan serta kelembagaan masyarakat desa.
  2. mendorong tumbuhnya motivasi , inovasi dan kreatifitas perbekel dalam penyelenggaraan pemerintahan.
  3. mendorong tumbuhnya keswadayaan masyarakat dan kegotong royongan.
  4. meningkatkan partisipasi masyarkat dalam