0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

KETERPADUAN PROGRAM MP3KI DENGAN PROGRAM GSM DI DESA BULIAN, KEC. KUBUTAMBAHAN, KAB. BULELENG

Admin dispmd | 12 Desember 2014 | 1183 kali

MP3KI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia) merupakan program pemerintah pusat untuk mengatasi tingginya angka pengangguran dan kemiskinan di Indonesia. salah satu bentuk upaya pengentasan kemiskinan di desa Bulian dengan melaksanakan pelatihan pertukangan dan perbengkelan yang dilaksanakan selama 20 hari yaitu dari tanggal 10 November – 5 Desember  2014. Pelatihan perbengkelan diikuti oleh 16 orang  dan untuk program pertukangan di ikuti oleh 35 orang peserta. Biaya yang dianggarkan dalam pelatihan keterampilan MP3KI adalah sebesar Rp. 33.299.000 untuk perbengkelan dan anggaran biaya untuk pertukangan sebesar Rp. 83.000.000.

Lebih lanjut, I Gede Pariadnya,S.H selaku FK (Fasilitator Kecamatan) dan Gede Sumardana selaku pendamping local PNPM Mandiri menyatakan bahwa dengan adanya pelatihan keterampilan kerja kepada masyarakat miskin maka diharapkan masyarakat yang mengikuti pelatihan memiliki kecakapan hidup sehingga mampu mengimbangi persaingan di dunia kerja.

Menurut Made Pawitra (Selaku Perbekel Desa Bulian) adanya pelatihan keterampilan bagi mayarakat miskin sangat bermanfaat, dengan adanya pelatihan keterampilan diharapkan nantinya output dari proses pelatihan tersebut mampu membuka peluang kerja sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Seiring dengan pernyataan Pawitra, I Gede Arsana (Fasilitator GSM desa Bulian )menyatakan bahwa selama ini sudah sering terjadi sering dengan pendamping PNPM dan MP3KI karena bantuan hibah pemerintah Prov. Bali sebesar Rp. 1.020.000.000 yang diberikan kepada beberapa desa miskin di Bali untuk pembangunan fisik dan Usaha ekonomi produktif di antaranya salah satu desa penerima adalah desa Bulian. Pemberian bantuan berupa uang  harus di imbangi dengan SDM masyarakat penerima sasaran. Oleh sebab itu, dengan adanya pelatihan ketrampilan nantinya untuk keberlajutan hasil dari pelatihan ketrampilan, khususnya ketika masyarakat mau berkelompok membuka lapangan usaha baru, maka BUMDes akan memberikan  bantuan pinjaman permodalan selain itu, untuk beberapa program PNPM khususnya dalam pengelolaan pinjam bergulir nanti akan di arahkan tiap orang untuk membuat kartu tabungan di BUMDes serta diharapkan mampu menyisihkan beberapa persen dari penghasilannya untuk ditabung di BUMDes. Sehingga nantinya ketika kekurangan modal usaha bisa tabungan tersebut diambil atau memohon pinjaman dari BUMDes.

Adanya keterpaduan Program pengentasan kemiskinan antara pemerintah Pusat ( PNPM Dan MP3KI) dengan  Pemerintah Prov. Bali ( Gerbang Sadu Mandara) diharapkan akan mampu mampercepat laju pengentasan kemiskinan di Bali, khususnya di desa Bulian, Kec. Kubutambahan, kab. Buleleng.

 

Sumber : Gerbangsadu Mandara Provinsi Bali