0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

PELATIHAN PEMANDU LOKAL WISATA BUDAYA KONSERVASI KAWASAN DESA BALI AGA

Admin dispmd | 30 Agustus 2018 | 754 kali

Kawasan Perdesaan memegang peranan penting dalam pembangunan nasional, bukan hanya karena masyarakatnya bertempat tinggal di perdesaan tetapi karena kawasan perdesaan memberikan sumbangan besar dalam menciptakan stabilitas nasional. Upaya pembangunan kawasan perdesaan telah dilakukan oleh pemerintah, daerah, dan masyarakat melalui berbagai kebijakan dan program-program. Upaya tersebut telah menghasilkan beberapa kemajuan yang dirasakan oleh sebagian masyarakat perdesaan, namun masih bayak wilayah perdesaan yang belum berkembang.

Desa Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa, dan Banyuseri merupakan kawasan perdesaan di Kabupaten Buleleng yang telah ditetapkan melalui SK Bupati Buleleng No.414/522/HK/2017 tertanggal 9 Juni 2017 sebagai lokasi pelaksanaan program pembangunan kawasan perdesaan dengan fokus pengembangan pada wisata budaya, dan sebagai tindak lanjut dari SK Bupati Buleleng tersebutlah maka Pelatihan ini dilaksanakan

Adapun tujuan dari Pelatihan Pemandu Lokal Wisata Budaya Konservasi Kawasan Desa Bali Aga SCTP-B ini adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan wawasan kepada pemerintah desa, tokoh masyarakat, Pokdarwis, khususnya para pemandu wisata di desa agar nantinya bisa mengembangkan sumber daya manusia di bidang kepariwisataan.
  2. Memberikan keterampilan tentang Teknik Dasar Guiding.
  3. Meningkatkan Pengetahuan dan pemahaman tentang pariwisata

 Hasil yang diharapkan dari pelatihan tersebut adalah:

  1. Dari Pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan para pemandu wisata yang berkompeten dalam kegiatan pariwisata di desa.
  2. Lembaga pengelola Desa Wisata yang ada di Desa Bali Aga SCTPB nantinya bisa memberikan pelayanan prima terhadap wisatawan domestik maupun manca Negara yang berkunjung ke Desa Bali Aga.

Pelatihan Pemandu Lokal Wisata Budaya Konservasi Kawasan Desa Bali Aga SCTP-B ini akan dilaksanakan selama 6 hari yaitu pada tanggal 28,29,30,31 Agustus ,3 dan 4 September 2018 bertempat di Wantilan Desa Pedawa

Peserta pelatihan secara keseluruhan berjumlah 50 orang yang berasal dari 5 desa di kawasan Bali Aga SCTP-B yang diikuti oleh Perbekel Bali Aga, Tim Pokdarwis, calon Pemandu Wisata di Desa, Tetua Desa, Bumdesa Bersama, Ibu – ibu PKK, serta truna truni yang ada di Desa Bali Aga. Narasumber dari pelatihan ini adalah dari Yayasan Wisnu dan Jaringan Ekowisata Desa.