0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Pembinaan dan Fasilitasi BUMDESA

Admin dispmd | 25 Februari 2015 | 882 kali

Dalamrangka pembinaan terhadap perkembangan serta kemajuan BUMDesa, terutama bagi desa yang baru membentuk BUMDesa maka perlu dilakukan monitoring dan fasilitasi. Untuk desa yang mendapatkan program Gerbang Sadu tahun 2015 difasilitasi pembentukan unit usahanya sedangkan untuk desa yang sudah lama terbentuk BUMDesa dilihat kemajuan usaha dan kelembagaannya serta sejauh mana masyarakat miskin dapat memanfaatkan dana yang dikelola oleh BUMDesa tersebut.

Pembinaan dan Fasilitasi ini dilaksanakan oleh Tim Pembina Monitoring dan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Desa. Pelaksanaannya dilakukan di 27 desa pada 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Buleleng dengan menyasar kantor perbekel dan kantor Bumdesyangdilaksanakan selama 10 hari kerja dari tanggal 9 sampai dengan 26 Februari 2015. Dari 27 Desa yang dikunjungi dalam pembinaan dan fasilitasi tersebut, terdapat 3 (tiga)  kategori, yaitu : Kategori Bumdes yang belum mendapatkan Dana Gerbang Sadu Mandara, Kategori Bumdes yang sudah mendapatkan Dana Gerbang Sadu Mandara dan Kategori Bumdes yang akan mendapatkan dana Gerbang Sadu Mandara.

Didalam pelaksanaannya Tim Pembinaan dan Fasilitasi terlebih dahulu mengirimkan Blanko berupa perkembangan kemajuan Bumdes bagi Bumdes yang sudah berjalan atau yang telah mendapatkan Dana Gerbang Sadu tahun 2012, 2013 dan 2014 dan Blanko peruntukan dana GSM bagi Bumdes yang akan menerima Dana Gerbang Sadu Mandara tahun 2015. Blanko tersebut nantinya diisi oleh pengurus  bumdes disertai dengan bukti-bukti pendukung, dan pada saat pembinaan Tim akan mengevaluasi dan menyinkronkan data yang dibuat dengan bukti pendukung dan kenyataan yang ada dilapangan.

Maksud dan Tujuan dari Pembinaan dan Fasilitasi BUMDESA ini adalah :

  1. Melakukan pembinaan terhadap usaha yang dijalankan BUMDesa
  2. Memonitor Perkembangan keuangan baik laba maupun Modal akhir
  3. Melakukan pembinaan Administrasi BUMDesa, Perdes, AD/ART dan struktur Organisasi
  4. Memonitor pembangunan Infrastruktur dana GSM
  5. Mendapatkan Laporan Perkembangan Bulan Terakhir
  6. Bagi Bumdes yang baru terbentuk memfasilitasi Perdes dan AD/ART