0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Pembinaan Kelompok Swadaya Masyarakat dari Dinas PMD Disdukcapil Provinsi Bali

Admin dispmd | 06 Februari 2020 | 349 kali

Dinas PMD Kabupaten Buleleng hari ini, kamis 6 februari 2020 mendampi kegiatan Pembinaan Kelompok Swadaya Masyarakat dari Dinas PMD Disdukcapil Provinsi Bali.
 
Pembinaan dihadiri oleh Kasi Keswadayaan Propinsi Bali, Kasi Keswadayaan DPMD Kabupaten Buleleng beserta staf , perangkat desa Gitgit dan pengurus kelompok pengerajin bambu Karya Bersama Desa Gitgit.
 
Desa gitgit memiliki potensi bambu hitam yang telah diberikan bantuan sebanyak 2000 batang dari Dinas Kehutanan, seiring bagusnya pertumbuhan bambu hitam maka penduduk desa Gitgit memanfaatkannya untuk bahan baku kerajinan.
 
Dalam pembinaan disampaikan terkait pendataan kelompok swadaya masyarakat khususnya pengerajin yang ada di desa gitgit, dalam pembinaan tersebut disampaikan bahwa kelompok perlu dibuatkan keputusan perbekel tentang pembentukan kelompok, dan anggaran dasar rumah tangga.
 
Kelompok pengerajin bambu Karya Bersama Desa Gitgit masih memiliki kendala dalam akses permodalan karena bumdes desa gitigit baru terbentuk, kendala-kendala tersebut diantaranya kendala penanganan jamur pada bambu, dan kendala pemasaran. Kelompok sangat antusias untuk memajukan kerajinan bambu hitam sebagai bahan kerajinan yang menjadi potesi Desa Gitgit.