0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Penataan Pengelolaan GSM di Desa Tista Kecamatan Busungbiu

Admin dispmd | 03 Juli 2014 | 1072 kali

Berbagai masalah sebelumnya melanda BUMDes desa Tista kecamatan Busungbiu kabupaten Buleleng yang sempat menjadi perhatian khusus terutama menyangkut tata administrasi, keuangan dan laporan pertanggungjawaban. Yang kurusial menjadi masalah beberapa bulan terakhir adalah masalah infrastruktur yang dibangun oleh GSM desa Tista yaitu rehab pasar dan pembangunan gedung BUMDes. Anggaran untuk pembangunan tersebut adalah Rp. 200 juta tetapi setelah pendamping baru masuk melihat ada kejanggalan karena dengan biaya yang begitu besar kondisi bangunan yang ada belum sesuai, selain itu laporan pertangungjawabannya juga tidak dapat ditemui. Sehinga pendamping meminta tim provinsi untuk meninjau langsung masalah tersebut dan hasilnya cukup membanggakan.

Tim yang terdiri dari beberapa instansi dan keahlian datang ke desa dimana tahap awal melakukan pemeriksaan administrasi dan laporan yang kurang kemudian pendamping diberikan mandat untuk terus menggali segala kekurangan. Tim melakukan pemeriksaan dan pengecekan baik di kantor BUMDes dan di Kantor Desa dengan mengambil semua kekurangan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan sebelumnya. Berkenaan dengan kunjungan tersebut administrasi GSM di desa Tista menjadi lebih tertata terutama masalah laporan pertanggungjawaban fisik. Sedangkan masalah BUMDes sudah tergolong aman dan lancar.

Tentunya kegiatan tersebut sangat diharapkan oleh keberhasilan GSM di Bali dimana program ini adalah untuk mengentaskan kemiskinan yang ada di Bali. Tanggungjawab bersama sangat diperlukan untuk keberhasilan program ini. Selain dari pada itu program ini adalah untuk jangka panjang masyarakat Bali dengan itu setelah pergantian kepemimpinan Bali nanti diharapkan pemerintah tetap menaruh perhatian khusus dan mengembangkan program ini, karena program ini sangat baik pada tujuan dan manfaatnya.

 

Sumber : www.gerbangsadumandara.provbali.info