0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Perkembangan Penggunaan Dana GSM Tahun 2014 di Desa Galungan Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng

Admin dispmd | 09 Juli 2014 | 763 kali

Program Gerbangsadu Mandara merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat Desa dengan tingkat kemiskinan yang relatif tinggi minimal 25% keatas, hal ini merupakan program program prioritas dari pemerintah provinsi Bali dalam penanggulangan kemiskinan di Provinsi Bali.

 Pada tahun 2014 terdapat 50 Desa penerima Gerbangsadu Mandara, salah satu desa penerima Program Gerbangsadu Mandra tahun 2014 yaitu Desa Galungan. Desa galungan merupakan desa yang berada di ujung utara kecamatan sawan, berada di bawah perbukitan, sehingga potensi daroi desa tersebut yaitu berpotensi sebagai daerah perkebunan dengan komoditi – komoditi seperti cengkeh, kopi dsb. Dengan komoditi – komoditi unggulan perkebunan tersebut masih banyak juga terdapat masyarakat miskin di Desa tersebut. Hal ini menyebabkan program pengentasan kemiskinan terpadu (Gerbangsadu Mandara) di proyeksikan dalam pengentasan kemiskinan di Desa Tersebut.

Perkembangan Program GSM pada Desa Galungan kecamatan Sawan ini masih dalam proses Pembangunan Toko Yadnya serta masih dalam proses verifikasi terhadap calon RTS yang akan memanfaatkan pinjaman dari dana BUMDes untuk kegiatan usaha sesaui dengan potensi dari masing – masing masyarakat. Hal ini terlihat dari kesiapan dari desa tersebut telah melaksanakan program pembangunan toko yadnya yang telah mmelaksanakan pembangunan hingga 90% serta dalam proses persiapan pengisian dan pemanfaatan pelaksanaan Usaha Ekonomi Produktif tersebut padahal dana yang dikucurkan baru pada pertengahan bulan juli 2014.

 

sumber : www.gerbangsadumandara.provbali.info