0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Sosialisasi Pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Banjar

Admin dispmd | 29 Maret 2016 | 1461 kali

Sosialisasi Pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa /Kelurahan Tahun 2016 di Kecamatan Banjar yang dilaksanakan pada Selasa, 2 Pebruari 2016 dibuka oleh Camat Banjar bersama Sekretaris dan kasi Pembangunan Kecamatan Banjar yang dihadiri oleh Porkomdeslu Kabupaten Buleleng, Tenaga Pendamping Desa, Perbekel dan Pengurus LPM se Kecamatan Banjar.

Berdasarkan Sosialisasi Pembentukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa /Kelurahan dalam rangka menyamakan persepsi tentang tugas pokok dan fungsi LPM di Kantor Camat Banjar yang dilaksanakan pada tanggal, 2 Pebruari 2016 dapat kami laporkan sebagai berikut :

  1. Sebagian besar dari para perbekel dan pengurus LPM meminta agar dalam penyusunan RPJMDes memohon pendampingan dan agar diadakan pelatihan terhadap LPM Desa terutama dalam menyusun perencanaan pembangunan di desa.
  2. Berdasarkan  hasil pencermatan semua desa di kecamatan Banjar sudah membentuk LPM, tetapi masih memerlukanpendekatan tentang banyaknya bidang-bidang yang ada di LPM.
  3. LPM sudah melaksanakan tugas sebagai perencana yang ditandai dengan dilibatkanya dalam Musrenbang dan penyusunan RPJMDes.
  4. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dari LPM mengharapkan agar dapat uang operasional yang dituangkan dalam Program Bidang Pembangunan Desa sehingga sama dengan BPD.
  5. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar perbekel adalah masalah aset dimana bangunan kontor, pura kahyangan, sekolah dan lain-lain adalah milik Desa Adat, Operasional/Tunjangan tetep dan Struktur Organisasi Tata Kerja Desa.

Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dirokemdasikan :

  1. Dalam setiap pembinaan/sosialisasi LPM permasalahan yang sering muncul adalah terkait bidang pemerintahan desa, RPJMDes dan APBDes
  2. Dalam setiap pembinaan/sosialisasi mohon koordinasinya dengan bidang-bidang yang terkait.
Download disini