0362 - 22488
pmdbuleleng@gmail.com
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Workshop Penanggulangan Kemiskinan

Admin dispmd | 27 Maret 2014 | 791 kali

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Buleleng gelar Workshop Penanggulangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Keberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan BUMDes Kabupaten Buleleng  Tahun Anggaran 2014. Acara yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Maret 2014 bertempat di Lobi Rumah Jabatan Bupati Buleleng Jl. Ngurah Rai Singaraja. Peserta Workshop Penanggulangan Kemiskinan Melalui Peningkatan Keberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan BUMDes adalah para kepala Desa dan Camat se-Kabupaten Buleleng dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 165 orang.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST memberikan sambutan dan pengarahan langsung kepada para perserta Workshop, dalam kesempatannya beliau menekankan bahwa Badan Usaha Milik Desa adalah Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh Masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan di bentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi desa. BUMDes dibangun atas prakarsa (inisiasi) masyarakat, serta mendasarkan pada prinsip-prinsip kooperatif, partisipatif, (‘user-owned, user-benefited, and user-controlled’), transparansi, emansipatif, akuntable, dan sustainable dengan mekanisme member-base dan self-help. Dan dari semua itu yang terpenting adalah bahwa pengelolaan BUMDes harus dilakukan secara profesional dan mandiri.

Maksud dan tujuan dari workshop ini adalah sebagai upaya untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya lembaga ekonomi desa menjadi BUMDEs bagi desa-desa yang belum memiliki BUMDes  dan bagi desa-desa yang sudah memiliki BUMDes untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan BUMDes yang telahada, baik yang berkembang menurut adat istiadat/budaya setempat maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk dikelola oleh masyarakat melalui program/proyek pemerintah dan pemerintah daerah. Serta Tujuannya adalah Meningkatkan pengetahuan, pemahamanan dan wawasan  para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan dan desa dalam melaksananakan managemen pembangunan desa, peningkatan kemandirian desa  dan  pengembangan perekonomian masyarakat perdesaan dalam memperkuat ekonomi sektor riil Kabupaten Buleleng.